Tanaman Bonsai : Bisa Menguntungkan dan Menghasilkan !

By | 11/06/2020

Bisnis Tanaman Bonsai

Siapa yang tidak tahu dengan tanaman bonsai. Bahkan, tanaman bonsai ini menguntungkan dan menghasilkan. Kali ini saya akan membagikan usaha tanaman bonsai yang menghasilkan serta cara menannam bonsai yang baik dan benar.

DomaiNesia

Apa sih Tanaman Bonsai ? Tanaman bonsai adaah sebuah tanaman hias yang memiliki teknik untuk mengerdilkan tanaman, sangat menarik untuk melengkapi dekorasi rumah kalian. Banyak sekali jenis tanaman bonsai, salah satunya yang akan saya bahas yaitu tanaman bonsai kelapa.

Tanaman Bonsai kelapa sangat populer di Indonesia. Karena cocok dan mudah ditanam pada iklim tropis. Terlebih lagi pohon kelapa memiliki postur yang tinggi tegak, serta bisa diatur batang bonsai kelapanya sesuai dengan keinginan kalian.

Jenis-jenis Pohon Kelapa Yang Cocok Dijadikan Tanaman Bonsai

1 Kelapa Gading Merah

2 Kelapa Gading Susu

3 Kelapa Albino

Dari ketiga jenis-jenis pohon kelapa itu memiliki ciri-ciri yang berbeda. Kelapa gading merah memiliki ciri dengan warna yang merah kekuningan. Berbeda dengan pohon Kelapa Gading susu yang memiliki ciri khas warna keputihan. Sedangkan pohon kelapa Albino memiliki corak warna yang lebih putih dari pohon kelapa gading susu.

Bagaimana Mencari Bibit Bonsai Kelapa Yang Baik ?

Mencari bibit tanaman bonsa kelapa itu memiliki kriteria yaitu buah kelapa yang sudah tua. Buah kelapa yang langsung dipetik dari pohonnya. Jadi, bukan buah kelapa yang sudah jatuh terlebih dahulu dari pohon.

Tunggu dua atau sampai tiga minggu sampai tunas kelapa muncul. Posisi bibit kelapa juga bisa mempengaruhi bentuk bonsai pada saat tumbuh. Letakkan bibiy secara vertikal, sedangkan pada batoknya akan dikelilingi akat. Jika bibit ingin sperti keong, dapat diletakkan secara horizontal.

Cara Merawat Tanaman Bonsai Kelapa Dengan Baik

Merawat tanaman bonsai kelapa tidaklah terlalu sulit. Dengan melakukan secara rutin menyiramkan air setiap hari. Terlebih lagi pada musim kemarau volume air bisa ditingkatkan agar tidak mudah kering. Namun, perlu diperhatikan air tidak boleh menggenangi akarnya, karena akar akan membusuk

Berikan pupuk kandang 15 hari sekali supaya bonsai dapat tumbuh subur. Hama tanaman seperti semut dan kutu putih harus dibasmi. Karena tidak akan bagus untuk tanaman bonsai kalian. Tambahkan obat hama yang terbaik untuk membasmi hama-hama pada tanaman bonsai.

Cara Membuat Tanaman Bonsai Kelapa di Rumah

1 Tentukan Jenih Pohon Kelapa

Ada beberapa jenis pohon kelapa yang bisa dijadikan tanaman bonsai :

1 Kelapa Gading Merah, seperti Memiliki warna merah kekuning-kuningan, Perawatannya terbilang repot karena kalian harus mempertahankan warna merah yang terdapat pada pohon kelapa gading merah ini, serta penggunaan pupuk cukup banyak.

DomaiNesia

2 Kelapa Gading Susu, memiliki warna yang putih dan sering tumbuh di daerah subtropis, pohon kelapa gading susu ini sering dijadikan pengganti pohon palem. Karena cocok untuk hiasan taman.

3 Kelapa Albino, berbeda dengan kelapa gading susu. Pohon Kelapa albino ini memiliki warna putih yang tidak pucat alias polos. Serta warna yang putih lebih terang.

2 Bibit Kelapa

Pemilihan bibit kelapa juga tidak sembarangan. Memilihlah bibit kelapa yang sudah agak tua, karena akan lebih cepat tumbuh tunas barunya. Bibit kelapa yang baik juga harus diambil langsung dari pohonnya.

Ukuran bibit yang diambil juga tidak boleh terlalu besar atau kecil dengan akar yang besar dan kuat. Usahakan mencari ukuran batok kelapa yang kecil, karena akan mudah membentuk batangnya.

3 Posisi Batok Kelapa

Letakan posisi bibit yang belum memiliki tunas di tanah yang mempunyai kandungan air yang cukup banyak. Sekitar 1 atau 2 minggu akan tumbuh tunas kelapanya. Sama seperti mencari bibit terbaik di atas, sesuaikan pada posisi vertikal atau horizontal.

4 Membersihkan Sabut Kelapa

Pada tahap ini, membersihkan sabut kelapa sangat diperlukan. Karena itu akan memperngaruhi tumbuhnya bonsai ini.

5 Media Tanam

Sediakan pot sesuai ukuran batok kelapa, Campurkan tanah, air dan pupuk kandang dengan perbaingan 2:1:1, Kemudian siapkan botol bekas air mineral untuk dijadikan penutup pada bgian tunas kelapanya, supaya lebih cepat berkembang.

Potong pada bgian atas botol dengan ukuran kurang lebih 5cm. Masukkan batok kelapa yang sudah bertunas tadi kedalam sebuah pot yang berisikan tanah, air dan pupuk kandang.

Pada tahap penanaman bonsai kelapa yang bercabang bisa dilakukan secara pelan-pelan. Letakkan batok kelapa dengan posisi miring. Selanjutnya masukkan media tanam bonsai secara perlahan, jangan sampai akar bonsainya putus.

6 Membentuk Tanaman Bonsai

Ketika bibit bonsai sudah mencapai 15 sampai 20 cm, sebaiknya disayat pada bagian tunas yang terdapat paling bawah. Namun, perlu diperhatikan pada tunas yang masih muda jangan sampai terkena sayatan supaya tidak membusuk.

Pada proses penyayatan bisa dilakukan sehari minimal 3 kali atau bisa lebih agar hasilnya maksimal. Dengan menggunakan tali atau kawat, tanaman ini bisa dibuat berbagai bentuk sesuka hati kalian. Mengikat kawat atau tali dengan mengarahkan pertumbuhan ranting dari bonsai kelapanya.

Kalian bisa memotong ranting yang tidak diinginkan. Sedangkan pemotongan ranting dapat dibuat melengkung ke dalam batang ataupun mendatar.

Rawatlah tanaman secara rutin, karena akan menghasilkan sebuah bisnis ataupun usaha kalian.

Jadi, tanaman bonsai bisa menghasilkan jika kalian rutin dan mempromosikannya. Tanaman bonsai merupakan tanaman hidup dan bisa ditanam dimana saja. Simak terus artikel-artikel di Ngonolo.com, semoga dapat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *